Jika benda yang hampir selalu ada pada motor tipe bebek, bahkan pada semua merek, tetapi hampir tidak ada pada jenis sport, pastilah sayap motor menjadi jawaban yang paling populer. Memang benda yang satu ini sepertinya menjadi trade mark dari motor bebek.
Honda telah menggunakan sayap atau bahasa teknisnya Side Cover ini sejak tipe C-50 yang merupakan besutan tahun 1969. Secara teknis, sayap motor ini merupakan bagian atau jenis dari fairing yang menurut wikipedia encyclopedia (http://en.wikipedia.org/wiki/fairing) sebagai struktur yang terbuat dari bahan ringan yang fungsi utamanya untuk mengurangi hambatan udara.
Menurut Bapak Dwi Supriyatno, Claim Supervisor PT Wahana Makmur Sejati, pada sepeda motor Honda, Side Cover ini memiliki dua buah fungsi yang berbeda. "Mengurangi hambatan udara dan menahan cipratan air atau pasir dari putaran roda depan terutama pada musim hujan", ucap Bapak yang juga instruktur jempolan untuk Safety Riding ini. Selain dua fungsi diatas, ternyata sayap ini juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya, seperti membantu pendinginan mesin dengan membelokan udara yang datang dari depan menuju blok mesin mengingat motor bebek Honda yang beredar di Indonesia berpendingin udara. Juga melindungi kaki pengendara apabila terjadi benturan dari arah depan. Mengingat pentingnya fungsi dari sayap ini, sebaiknya sayap ini tetap dipasang ditempatnya, toh, yang untung khan kita-kita juga, betul nggak bro ?
TIPS MERAWAT SAYAP MOTOR:
1. Cucilah menggunakan shampoo khusus untuk mencuci kendaraan, jangan gunakan sabun colek karena dapat merusak cat.
2. Karena berbahan plastik atau fiber, jangan pernah dicuci dengan minyak tanah atau bensin. Cukup gunakan air bersih.
3. Agar tetap kinclong, poleslah menggunakan pemoles yang khusus untuk plastik atau fiber. Jangan gunakan pemoles untuk logam karena dapat merusak plastik atau fiber.
(Sumber: Buletin Info Konsumen, edisi ke XVIII, Maret-April 2006)